Minggu, 28 Oktober 2012

ENZIM


ENZIM
Apakah enzim itu?
Enzim merupakan protein yang bertindak sebagai katalis di dalam tubuh makhluk hidup. Karena bertindak sebagai katalis di dalam tubuh makhluk hidup,enzim di sebut juga sebagai Biokatalisator.
Enzim dapat bertindak sebagai katalis,yaitu mempercepat reaksi kimia tetapi tidak ikut bereaksi dalam reaksi tersebut. Molekul yang bereaksi di dalam suatu reaksi yang dikatalis oleh enzim di sebut substrat,dan molekul yang di hasilkan disebut Produk.
Enzim di buat di dalam sel-sel yang hidup. Sebagian besar enzim bekerja di dalam sel,disebut Enzim Intraseluler. Contohnya adalah enzim katalase yang memecah Hidrogen peroksida di dalam sel-sel hati. Beberapa enzim dibuat didalam sel,kemudian dikelurkan dari dalam sel untuk melakukan fungsinya,disebut enzim ekstraseluler. Contohnya adalah enzim-enzim pencernaan,misalnya amilase. Amilase memecah amilum menjadi maltosa. Amilase dihasilkan oleh kelenjar saliva (ludah) dan dikeluarkan ke rongga mulut untuk melakukan fungsinya.

KOMPONEN ENZIM
Enzim tersusun dari komponen protein yang disebut Apoenzim. Beberapa enzim memerlukan komponen non-protein untuk membantu aktivitas enzim,yang disebut Kofaktor. Kofaktor beberapa enzim berupa ion anorganik. Kofaktor yang berupa ion anorganik disebut Koenzim. Beberapa kofaktor tidak berubah di akhir reaksi,tetapi kadang-kadang berubah dan terlibat dalam reaksi yang lain. Enzim yang terikat dengan kofaktor disebut  Holoenzim.
Berikut beberapa kofaktor yang membantu aktivitas enzim
                Ion-Ion Anorganik
Ion-ion ini terikat dengan enzim atau substrat kompleks dan dapat membuat funsi enzim lebih efektif. Contohnya,amilase didalam saliva akan bekerja lebih efektif dengan adanya ion klorida dan kalsium.
                Gugus Prostetik
Gugus prostetik merupakan tipe kofaktor yang lain. Gugus ini berperan memberi kekuatan tambahan terhadap kerja enzim. Gugus ini terdiri dari molekul-molekul organik yang terikat rapat dengan enzim. Contohnya adalah Heme,yaitu suatu molekul berbentuk cincin pipih yang mengandung besi. Heme merupakan gugus prostetik sejumlah enzim,diantaranya Katalase,Peroksidase,dan Sitokrom Oksidase (terlibat dalam respirasi seluler).
                KOENZIM
Koenzim merupakan kofaktor yang terdiri dari molekul organik non-protein kompleks yang terikat renggang dengan enzim. Koenzim berfungsi memindahkan gugus kimia,atom,atau elektron dari suatu enzim ke enzim, yang lain. Beberapa koenzim adalah vitamin dan turunannya.
SIFAT-SIFAT ENZIM
·         Biokatalistor,yaitu mempercepat jaannya reaksi tanpa ikut bereaksi
·         Termolabil, yaitu mudah rusak. Apabila di panasi lebih dari 45  C, maka protein dalam enzim akan rusak
·         Merupakan senyawa protein,maka sifat protein tetap melekat pada enzim
·         Dibutuhkan dalam jumlah sedikit,reaksinya sangat cepat,dan dapat di gunakan berulang-ulang
·         Bekerja didalam sel (endoenzim) dan di luar sel (ektoenzim)
·         Umumnya enzim tidak dapat bekerja tanpa adanya sutu molekul non-protein tambahan (kofaktor)
·         Bekerja spesifik, yaitu bagian sisi aktif (permukaan tempat melekatnya enzim) hanya sesuai dengan permukaan substrat tertentu
·         Enzim dapat bekerja secara bolak balik karena enzim tidak mempengaruhi arah reaksi
·         Enzim dipengaruhi oleh faktor lingkungan,seperti suhu, pH, air,substrat, aktivator,inhibitor, serta konsentrasi enzim dalam substrat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar